Pucak Mangu, Pura yang Nyaman & Damai

Salah satu tempat wisata spiritual yang ada di Kabupaten Badung adalah pura Pura Pucak Mangu. Pura ini terletak di Tinggan, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung. Lalu apa yang menarik dan anti mainstream dari pura ini sehingga tim Jelajah Dewata mereviewnya?

Untuk mencapai obyek Pura Pucak Mangu ini, kita diharuskan untuk mendaki bukit setinggi 4km. Tapi sebelum mendaki ke pura Pucak Mangu, kita sebaiknya bersembahyang terlebih dahulu di Pura Penataran Pucak Mangu untuk memohon keselematan selama pendakian. Dari penataran menuju start pendakian harus ditempuh dengan naik motor atau mobil sejauh 2km. Ingat ya, naik motor atau mobil. Kalau memilih jalan kaki boleh saja, tapi kan takutnya capek sebelum start, hehe.

Ditengah pendakian kita akan menemukan pura beji. Pura beji adalah tempat untuk para pemedek (sebutan orang yang akan ke pura) untuk membersihkan diri sebelum ke pura utama. Hal ini jga berlaku di pura-pura lain. Disana kita bisa sembahyang dan beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan. Ada juga sumber mata air dimana airnya biasa digunakan untuk tirta dan minum.

Kita dapat mencapai puncak bukit untuk tiba di Pucak Mangu hanya dengan waktu rata-rata 2 jam saja. Tentu saja sepanjang perjalanan kita akan sangat nyaman karena tidak kepanasan sebab rimbunnya pepohonan di hutan sudah cukup membuat udara segar dan sejuk. Kita juga tak akan kebasahan apabila hujan dikarenakan dedaunan pohon yang rimbun akan mencegah banyak air hujan jatuh langsung kebawah.

Rasa lelah ketika tiba di puncak tidak akan terasa. Sebab di puncak kita dapat melihat pemandangan danau Bratan dan lingkungan sekitarnya yang terletak di Kabupaten Tabanan. Biasanya pemandangan ini sulit dilihat karena seringkali ditutupi oleh awan yang melintas. Ada juga monyet yang tinggal di pepohonan sekitar pura. Monyet disini biasa makan dari bahan alami di alam dan sisa-sisa dari persembahan yang diberikan pemedek saat meaturan.

Pura ini sangat indah dan terawat. Selain beberapa orang yang memang ditugaskan menjaga kebersihan pura, banyak dari tiap pendaki yang ingin sembahyang atau sekedar mendaki saja secara iklas membantu menjaga kebersihan pura ini baik itu dengan menyapu atau setidaknya tidak membuang sampah sembarangan.

Jadi Pucak Mangu adalah sebuah pura yang nyaman, indah dan asri. Mungkin karena alasan inilah nama Mangu diambil menjadi nama ibukota Kabupaten Badung yaitu Mangupura. Obyek ini cocok untuk kalian yang ingin tirtayatra dan latihan untuk mendaki karena tracknya cukup nyaman. Kami sarankan bagi yang ingin kesini sebaiknya siapkan tenaga yang fit, niat yang iklas dan makanan secukupnya selama perjalanan.

No comments:

Post a Comment